• Home
  • Profil
    • Sambutan
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Mars
    • Struktur & Manajemen
    • Staff Pengajar
    • Laboratorium
    • Akreditasi
  • Akademik
    • Kalender Akademik
    • Buku Panduan Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • Jadwal Ujian
    • Semester Pendek
    • TA / PKL
    • Wisuda AKINDO
  • Program Studi
    • Public Relations
    • Advertising
    • Broadcasting R-TV dan Film
    • S1 ILMU KOMUNIKASI
  • Kemahasiswaan
    • PKKMB MABA
    • Himpunan Mahasiswa Jurusan
    • Unit Kegiatan Mahasiswa
    • Beasiswa
  • PMB
    • PMB Info
    • Pendaftaran Online
  • PUBLIKASI
    • Publikasi Ilmiah
    • Gagasan/Opini
    • Makalah Seminar
  • Kontak

PUBLIKASI ILMIAH


 

Berikut ini ditampilkan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para dosen tetap AKINDO Yogyakarta yang terpublikasikan dalam berbagai jurnal maupun prosiding nasional dan Internasional (untuk mengunduhnya, cukup klik judul penelitian pada bagian di bawah ini):

1. YUNI RETNOWATI, M.Si

  • Hambatan Budaya Terhadap Partisipasi Perempuan
  • Tourism Behavior In The Cyber Media_Seminar Proceedings
  • Relevansi Gerakan Anti Korupsi untuk Pembangunan_Jurnal PARADIGMA
  • Efektivitas Iklan dalam Meraih Partisipasi Politik_Jurnal WACANA
  • Urgensi Literasi Media untuk Remaja Sebagai Panduan Mengkritisi Media Sosial
  • Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal _ Jurnal Komunikasi
  • The Effect of Health Claims on Television Commercials toward Consumer’s Decision Making in Food Product Buying_IJCS
  • Konstruksi Realitas Melalui Share Informasi di Faceebook _ Jurnal Populika
  • Enhancing Advertising Strategy Based on Digital Culture _ Proceeding

​


2.  KARINA RIMA MELATI, M.Hum.

  • Membaca Dinamika Identitas Sosial di Pekalongan lewat Batik Motif Buketan_RETORIKA 
  • Iklan Enamel dan Penggambaran Kota di Zaman Hindia Belanda_Jurnal DeKaVe
  • Interaksi dan Negoisasi Iklan Enamel_ Antologi Desain Grafis Indonesia
  • Seni dan Sastra untuk Kedaulatan Petani Urutsewu_LITERASI PRESS
  • Enamel Advertising Sign and the Making of Consumerism in the Indies_Proceedings 3rd AASIC
  • The Motif Buketan (Floral Motif) in Pekalongan Batik: Development Dynamics and Social Identity in Pekalongan, Central Java
  • Revitalisasi Media Iklan di Ruang Publik Jogja sebagai Upaya Pembenahan Kota Budaya
  • Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi kelompok Rintisan Usaha Mandiri

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. SUPADIYANTO, M.I.Kom.

  • Supadiyanto. (2016). Konvergensi Multimedia Massa, Digitalisasi, Tantangan dan Peluang Perguruan Tinggi Berbasis Komunikasi di Indonesia. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia. ISBN: 978-602-60361-3-1. Halaman 406.
  • Supadiyanto. (2016). Penyajian Konten dengan Mengarusutamakan Karya milik Penulis Lepas di Harian Bernas Yogyakarta. Serikat Perusahaan Pers (SPS). Cetakan I Agustus 2016. ISBN: 978-602-96140-6-0
  • Supadiyanto. (2015). Implementasi Program Siaran Lokal pada Stasiun TV di DIY. An-Nida Jurnal Komunikasi Islam Volume 7, Nomor 2, Juli-Desember 2015 ISSN: 2085-3521. Halaman 66-78.
  • Supadiyanto. (2015). Eksploitasi Wartawan di Era Konvergensi Multimedia Massa.  ISKI    ISBN: 978-602-1054-01-7. Halaman 119-148
  • Supadiyanto. (2015). Representasi Wanita dalam Politik di Indonesia: Pendekatan Konstruksionisme Kritis. Jurnal Komunikasi Islam AN-NIDA Volume 7 Nomor 1 Januari-Juni 2015 ISSN: 2085-3521. Halaman 20-29.
  • Supadiyanto. (2015). Strategi Kreatif Koran Lokal (Kedaulatan Rakyat/KR) Menggaet Pembaca Muda di DIY-Jateng. Prosiding IMRAS 2015 ISBN: 978-602-96140-4-6.
  • Supadiyanto. (2015). Implikasi Obat Kuat “Exla” terhadap Kebijakan Media dan Konstruksi Budaya Populer-Gender. Jurnal AN-NIDA Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Volume 6 Nomor 1 Januari-Juni 2014. ISSN: 2085-3521. Halaman 66-80.
  • Supadiyanto. (2015). Benturan Etika dan Hukum Media di Era Konvergensi Multimedia. Prosiding COMICOS UAJY 2015 ISBN: 978-602-99069-4-3. Halaman 445-457.
  • Supadiyanto dan Buwana, Tjandra Setia. (2014). Corruption, Poverty, and Political Communication the Order Reform in Indonesia. Prosiding The 6th International Graduate Student and Scholars Conference on Indonesia (IGSSCI). Sekolah Pascasarjana UGM    ISBN: 978-602-8683-04-3. Halaman 805-825.
  • Supadiyanto. (2014). Implikasi Ekonomis (Bisnis) dan Implementasi (Teknologi) Internet terhadap Kebijakan Redaksional Media Cetak di Indonesia: Kajian Intensif pada Manajemen Redaksional Harian Jogja (Bisnis Indonesia Group of Media) pada Orde Reformasi.    Prosiding Indonesia Media Research Awards and Summit (IMRAS)-Indonesia Public Relation Awards and Summit (IPRAS). ISBN: 978-602-96140-2-2.
  • Supadiyanto. (2014). Taktik Manajemen Redaksi Media Cetak di Yogyakarta Menghadapi Kompetisi Bisnis Media di Era Konvergensi Multimedia: Studi Kasus pada Harian Kedaulatan Rakyat (KR Group), Harian Jogja (Bisnis Indonesia Group of Media), dan Harian Pagi Tribun Jogja (Kompas Gramedia Group) pada Orde Reformasi. Prosiding Indonesia Media Research Awards and Summit (IMRAS)-Indonesia Public Relation Awards and Summit (IPRAS). ISBN: 978-602-96140-2-2. Halaman 259-281.
  • Supadiyanto dan Santosa, Heri Setyawan Budi. (2014). Kontribusi Teknologi Internet dalam Menggolkan Gerakan Jurnalisme Rakyat (Warga) di Indonesia: Analisis Komparatif pada Situs Kompasiana (Kelompok Kompas Gramedia), Pewarta Indonesia (Kelompok PPWI), dan Kabar Indonesia (Kelompok HOKI). Prosiding CCSMS 2014    ISBN: 978-602-71722-0-3 Halaman 494-502.
  • Supadiyanto. (2013). Sinergi PT-Korporasi-Birokrasi (Segitiga Besi Kewirausahaan) untuk Memberdayakan Penduduk Miskin dan Pengangguran di Indonesia; Sinergy Among Academy-Bureaucracy-Entrepreneur (Iron Entrepreneurship Triangle) on Empowering Poor Citizens and Unemployees in Indonesia. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial milik Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta Volume 12 Nomor I/2013. ISSN: 1412-6451. Halaman 106-116.
  • Supadiyanto. (2013). Implikasi TECMIIN (Technological Mind Interpersonal Interconnecting) pada Peradaban dan Tren Komunikasi Manusia. Jurnal Interaksi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Volume II Nomor 1/2013 ISSN: 2310-6051. Halaman 70-77.
  • Supadiyanto. (2013). Globalization, Poverty, and Inequality Information. Prosiding of The 5th International Graduate Students Conference on Indonesia 2013 ISBN: 978-602-8683-50-8. Halaman: 571-594.
  • Supadiyanto. (2013). Implikasi Teknologi Digital dan INTERNET (Paperless Newspaper) pada Industri Media Cetak di Indonesia. Prosiding dalam Seminar Nasional Menuju Masyarakat Madani dan Lestari, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII) Yogyakarta. Halaman  687–696    ISBN: 978-979-98438-8-3. Halaman 687-696.
  • Supadiyanto. (2012). Optimalisasi ICT Untuk Mencetak 4,76 Pengusaha: Taktik Jitu Menjawab Tantangan Global. Prosiding Internatioanl Seminar and National Symposium Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).    ISBN: 978-979-1334-32-7. Halaman 163-167
  • Supadiyanto. (2012). Quovadis Online Journalism, Predicting The Future of Print Media and Online Media. Proceeding of Jogja International Conference on Communication (JICC)    ISBN: 978-602-18913-0-8. Halaman 650-661.

 


4. AHMAD MUNTAHA, M.Si.

 


5. R. SUMANTRI RAHARJO, M.Si.

  • CSR di Indonesia: Sinkronisasi ISO 26000 dan Regulasi Kebijakan_Jurnal Komunikasi Profetik  (2011).
  • Media Relations di Era Konglomerasi Media_Jurnal  Komunikasi .(2012)
  • Media Relations di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Yogyakarta dan Jogja TV)_Jurnal Komunikasi Profetik (2015)
  • Penegakan Prinsip FPIC: Sebuah Tantangan Profesi Hubungan Masyarakat_Prosiding  Konferensi Nasional ASPIKOM  (2015)

6. HARDOYO, M.A.

7. ENDY SAPUTRA, S.Sos.

8. HEROE POERWADI, M.A.

9. TJANDRA S. BUWANA, S.I.P.

10.  HENING BUDI PRABAWATI, M.Si.

  • Strategi PR dalam Pencitraan Diri Seorang Wakil Rakyat Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Populika Universitas Widya Mataram Yogyakarta Vol V No 2  Januari  2016 ISSN No 0216-2490

11. RIKE TIAS PERMANIS SARI, M.A.

  • Ketika Anak Berbicara untuk Iklan di Media Televisi Jurnal Komunikologi Volume 12 Nomor 2, hal 57-97 September 2015 ISSN 1907-8870 Penerbit Universitas Esa Unggul, Jakarta

12. ROFIQ ANWAR, M.A.

  • Komunikasi Organisasi dalam Media Baru _prosiding CCMS UII 2014
  • Peran Praktisi PR dalam Organisasi-Organisasi di Yogyakarta _ Jurnal AN NIDA Vol. 7 (1) (2015): 46 - 55
  • Potensi Pengembangan Kehumasan Online di Lembaga Perguruan Tinggi dan Kontribusinya Bagi Efektifitas Organisasi_Prosiding KNK ISKI 2015
  • Merumuskan Strategi Public Relations untuk Menghadapi Opini Publik dan Pertukaran Informasi yang tidak terkendali dalam Media Sosial_Prosiding COMICOS UAJY 2015

 


 13. DJATI PRASETYANI HADI, S.I.P, M.A

  • Reduksionisme Lokalitas dalam Television ADS: Sebuah Wacana Imperialisme Budaya Jurnal Paradigma, Volume 15, Nomor 1`, Januari 2011. Penerbit: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN ‘Veteran’ Yogyakarta
  • Penjahat Proletar Ala Bajuri (Realisme dalam Komedi Situasi Bajaj Bajuri Edisi ‘Jalani Lebaran dalam Tahanan’)Prosiding Seminar Nasional ‘Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal’, tanggal 26 September 2012 Penerbit Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
  • Evaluasi Perencanaan Bisnis UMKM Perempuan Batik dan Jumputan di Yogyakarta

14.  HERI SETYAWAN, M.Sn.

  • Peluang Melestarikan Seni Pertunjukan Tradisi Wayang Golek Menak Melalui Siaran TV Lokal di Yogyakarta. 2012. Penerbit Kementerian Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah V Yogyakarta
  • Membangun Film Animasi Cerita Rakyat Indonesia Vol. 6, No. 1, April 2013. Penerbit Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Kontribusi (Teknologi) Internet dalam Menggolkan Gerakan Jurnalisme Rakyat (Warga) di Indonesia; Analisis Komparatif Pada Situs Kompasiana (Kelompok Kompas Gramedia), Pewarta Indonesia (Kelompok PPWI), dan Kabar Indonesia (Kelompok HOKI). 2014. Penerbit Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia

15. HERRY ABDUL HAKIM, M.M.

16. SUDARU MURTI, M.Si.

17. HANIF ZUHANA RAHMAWATI, M.Sn.

Potensi Manajemen Seni dalam Pengembangan Karir Perupa Jurnal Desain dan Seni Narada Universitas Mercu Buana Jakarta Volume 2 Edisi 3 November 2015 ISSN 2477-5134

18.  FIRDHA IRMAWANTI, M.A.

19. WIDYA SEKAR DWISARI, M.A.

 


Side Menu

  • Info
  • Prestasi
  • AKINDO Career Center
  • Karya Mahasiswa
  • P3M AKINDO
  • Kerjasama
  • Perpustakaan AKINDO
  • IAA (Ikatan Alumni AKINDO)
  • Polling
  • Buku Tamu
  • Download
  • YMOnline

Gallery

AKINDO TV RAKA FM - Listen Live BUKU TAMU
© 2014 AKINDO. All Rights Reserved

Support Online Kampus AKINDO


| Humas Akindo